4 Kategori Utama Lomba Perahu Layar

Dalam lomba perahu layar terdapat tiga kategori utama yang dilombakan. Dirangkum dari berbagai sumber berikut kategorinya:

1. Olympic

Olympic dilombakan dalam tim. Lomba ini ditandai oleh tiga pelampung. Perahu layar harus berlayar di sekitar pelampung dalam urutan tertentu. Jarak antara pelampung bervariasi sesuai dengan jenis perahu layar yang dilombakan.

2. Regattas

Kategori ini biasanya dilakukan di lautan yang dekat dengan pantai, di danau, atau pada danau di pinggir laut. Atlet berusaha mendahului lawan mereka yang ditandai oleh pelampung. Rute lomba direncanakan sedemikian agar atlet menggunakan teknik berlayar mereka.

3. Ocean Races

Kompetisinya menyeberangi lautan antara dua pelabuhan dalam waktu paling pendek. The Europe 1-Star, sebagai contoh, berlayar antara Plymouth, Britania Raya, dan Newport, Pulau Rhode. Atlet harus memilih rute terbaik untuk menghindari tidak hanya angin ribut, tetapi juga area yang mungkin tidak ada angin sama sekali.

4. America’s Cup

Lomba layar ini terkenal di dunia dengan nama Lomba Perahu Panjang 100 kaki. Dicetuskan oleh anggota dari Klub Yacht New York pada tahun 1851. Desain baru perahu layar ini meraih kemenangan internasional bagi AS pada tahun 1850. America’s Cup menarik perhatian atlet perahu layar seluruh dunia. Masing-masing perahu layar membawa satu crew terdiri dari 16 orang.