5 Pencapaian Valentino Rossi di MotoGP Prancis

MOTOGP Prancis sedikit menyimpan memori manis bagi Valentino Rossi. Meski sudah lama tak pernah memenangi balapan di Le Mans, dalam lima tahun terakhir Rossi selalu nyaris meraih podium pertama.

Meski catatannya terbilang positif, tetapi di satu sisi hal itu cukup menyedihkan bagi VR46. Terutama pada musim 2017. Lalu bagaimana lima pencapaian terakhir Rossi setiap mentas di MotoGP Prancis? Berikut pembahasannya seperti dilansir oleh Okezone.

MotoGP Prancis 2014
Pada musim 2014, Rossi kembali menunjukkan keperkasaannya ketika tampil di Le Mans. Start dari posisi kelima, pembalap berjuluk The Doctor itu mampu bangkit dan memperjuangkan kemenangan pada balapan kali ini. Ia pun merangkak naik ke posisi terdepan dan hanya puas menempati posisi kedua. Rossi takluk dari Marc Marquez yang keluar sebagai pemenang pada balapan kali ini.

MotoGP Prancis 2015
Pada musim 2015, VR46 melanjutkan tren positif di Le Mans. Kembali start dari posisi yang cukup terbelakang yakni tujuh, Rossi berusaha untuk memperjuangkan kemenangan. Tetapi kebangkitan hanya bisa mencapai tempat kedua dan keluar sebagai runner-up. Ia kalah dari rekan setimnya Jorge Lorenzo yang meraih kemenangan keenam di MotoGP Prancis.

MotoGP Prancis 2016
Situasi yang hampir serupa terjadi pada musim 2016. Rossi masih tetap melanjutkan kegemilangannya di Le Mans. Ia kembali start dari posisi tujuh sama seperti pada musim 2015. Ia pun kembali naik ke posisi terdepan, tetapi hanya puas finis di tempat kedua. Serupa dengan musim sebelumnya, Rossi kalah dari rekan setimnya Lorenzo yang sukses finis di posisi pertama.

MotoGP Prancis 2017
Nasib apes menaungi Rossi pada musim 2017. Sejatinya Rossi pun menunjukkan dominasinya pada MotoGP Prancis. Start dari posisi kedua, VR46 memperjuangkan kemenangan dengan bertarung melawan rekan barunya yakni Maverick Vinales. Keduanya pun bersaing ketat untuk memperebutkan posisi pertama hingga putaran terakhir.

Alih-alih mencoba menikung rekannya, Rossi justru terjatuh kala balapan tinggal menyisakan satu lap. Situasi itu pun sangat disayangkan dan menjadi balapan yang mengenaskan bagi Rossi. Podium yang ada di depan mata harus pupus karena ketidaksabarannya melawan rekan sendiri.

MotoGP Prancis 2018
Pada musim 2018, Rossi mampu membalas kegagalan pada musim sebelumnya. Start dari posisi sembilan, Rossi kembali memperlihatkan kemampuannya merangkak ke tempat teratas. Hasilnya, pembalap berpaspor Italia itu menembus posisi tiga besar dan menyelesaikan balapan dengan tempat podium ketiga. Pada balapan tersebut Marquez dan Danilo Petrucci keluar sebagai pemenang dan runner-up.

Simak berita seputar dunia olahraga lainnya beserta tayangan-tayangan pertandingan olahraga terbaik di MNC Vision dan MNC Play yang bisa Anda akses di sini.