Tips Dekor Ruang Belajar Anak yang Menyenangkan

Orangtua mana yang tidak ingin anaknya tumbuh kembang menjadi pintar dan rajin? Dengan kehadiran ruang belajar/kamar anak yang kondusif, maka anak pun terpancing untuk rajin belajar dan mengasah kreatifitasnya. Ada beberapa aspek yang bisa Anda perhatikan untuk mewujudkannya, di antaranya yaitu:

Baru Belajar Baca
Anak yang hobi membaca bisa dirangsang kemauan membacanya dengan ruangan yang bersih, terang dan cenderung kosong. Jangan ada banyak furnitur, cukup sudut nyaman untuk membaca dengan pencahayaan terang. Sediakan buku-buku agar si anak tertarik membukanya setiap saat. Tidak mesti sofa, karpet tebal pun bisa digunakan anak untuk lebih leluasa.

Rak Buku
Keamanan menjadi faktor nomor satu jika ingin menempatkan rak buku dalam ruang anak. Jangan sampai anak memanjatnya lalu terjatuh dan tertindih rak buku. Jika memang belum banyak buku yang disuguhkan cukup jejerkan saja di lantai. Namun jika sudah mulai besar, rak buku sederhana yang sesuai jangkauan dan tinggi badan menjadi krusial. Dengan adanya banyak buku, akan memancing anak untuk terus membaca jika bosan. Variasikan buku bergambar dengan buku teks agar dia tidak bosan.

Tumbuhan
Ada nuansa tenang dan asri jika meletakkan tumbuhan di dalam ruang. Tidak mesti besar namun pot kecil yang juga melatih anak untuk bertanggungjawab memelihara makhluk hidup agar tidak mati dan merawatnya menjadi besar. Suasana yang asri akan membuat anak menjadi tenang dan betah di rumah.

Dinding Tulis
Mengasah kreativitas anak bisa dengan menyediakan satu bagian dinding untuk ditulis dan ditempeli segala jenis gambar yang memacu kreativitasnya. Biarkan dia berkreasi namun juga ajarkan disiplin dengan tidak mengotori dinding lain. Anda bisa meletakkan papan tulis jika tidak ingin dinding kotor dan harus mengecatnya ulang saat sudah penuh coretan. Biasanya dinding dicat warna gelap seperti hijau tua agar torehan kapur mudah dibersihkan.

Warna Keseluruhan
Para ahli sepakat warna-warna lembut seperti pastel akan membuat nuansa tenang dan mendorong anak agar bisa lebih fokus. Namun perlu diperhatikan setiap anak berbeda-beda. Ada yang justru semangat belajar jika warna kamarnya terang dan sarat akan warna.

Pantang
Jangan pernah memasukkan televisi atau video game di kamar anak. Hal ini seakan Anda memberikannya kebebasan penuh untuk bermain kapan saja dan umumnya anak yang masih dalam proses tumbuh kembang tidak mengerti jika dia sudah lupa waktu. Meskipun anak perlu belajar, dia juga masih anak-anak dan senang bermain. Letakkan televisi atau video game di ruang keluarga sehingga waktu bermain bisa dibatasi.

Dapatkan tips-tips menarik lainnya di majalah Network! yang bisa Anda unduh di sini.