Menyiapkan Bekal Makan Siang Sehat dan Praktis untuk Anak

Menyiapkan bekal makan siang sebelum berangkat beraktivitas kerap dilakukan ibu untuk keluarga, khususnya anak yang bersekolah agar tidak jajan sembarangan. Selain lebih sehat, juga biayanya lebih ekonomis. Persiapan bekal makan siang di pagi hari ini jangan sampai membuat ibu kerepotan. Untuk menyajikan bekal yang sehat, praktis dan mengundang nafsu makan anak, bisa mengikuti anjuran ahli gizi Susie Burrell berikut ini.

Sandwich
Porsi makan anak yang belum terlalu besar namun tetap mengenyangkan bisa didapat dari sandwich. Penyajiannya mudah, dengan menyiapkan dua hingga empat helai roti gandum lalu masukkan makanan kaya protein seperti tuna, daging asap, hingga ayam. Tambahkan irisan telur dan lembaran sayur lettuce yang tidak pahit. Hiaslah dengan irisan tomat dan potong-potong menjadi bentuk segitiga yang lebih kecil agar menggugah selera.

Minuman Segar
Menunjang makanan, minuman segar seperti jus buah segar atau susu bisa menjadi pilihan tepat. Untuk jus buah, jangan tambahkan gula terlalu banyak atau jumlah buah yang berlebihan karena akan berubah menjadi lemak dan anak menjadi hiperaktif. Jika sekolah tidak menyiapkan air mineral jangan lupa untuk membekali juga botol air mineral.

Camilan Bergizi
Jika anak tidak suka makanan yang terlalu berat, akali dengan camilan bergizi seperti biskuit gandum keju, potongan buah, hingga daging yang dilumatkan menjadi bentuk lucu seperti bola atau gulungan. Jangan lupa campurkan potongan sayur yang sudah diiris sekecil mungkin agar anak yang kurang suka sayur tetap bisa memakannya. Jangan sering-sering membekali anak dengan makanan instan yang digoreng untuk menghindari gangguan tenggorokan dan panas dalam.

Biarkan Anak Memilih
Jika ibu khawatir bekal makan siang yang disiapkan tidak dimakan si kecil, maka coba tanyakan langsung kepadanya menu apa yang dia inginkan. Adakalanya pilihan jatuh ke makanan yang kurang bernutrisi namun setidaknya dia akan memakannya ketimbang tidak sama sekali. Berikan dia dua pilihan yang tentunya sudah diperkirakan gizi dari makanan tersebut untuk mempermudah.

Presentasi
Tampilan makanan tentu akan menggugah selera makan si kecil. Kreatifitas menata bekal pun memegang peranan, dari segi warna nasi/roti, sayuran, lauk pauk hingga buah. Takar gizi seimbang yang terdiri atas asupan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral yang cukup setiap hari.

Dapatkan tips-tips menarik lainnya hanya di majalah Network! yang bisa Anda unduh di sini.