Tips Menjaga Kesehatan Selama Mudik

Tradisi mudik yang dilakukan jelang lebaran berisiko membuat kesehatan kurang prima karena lelah di jalan dan makan yang tidak teratur. Jangan sampai momen spesial setahun sekali menjadi rusak karena menjadi sakit saat tiba di kampung halaman. Berikut tips yang bisa diikuti selama perjalanan.

Tidur

Hal terpenting saat bepergian sebisa mungkin adalah tidur. Bila Anda penumpang, tidur memungkinkan, namun bila Anda pengemudi, pastikan Anda berhenti di rest area untuk beristirahat.

Peregangan

Naik alat transportasi membuat posisi tubuh kaku dan membuatnya nyeri. Luangkan waktu untuk melakukan peregangan kaki, tangan, punggung, leher hingga bahu agar aliran darah tetap lancar dan otot tidak terasa kaku.

Minum

Minum air mineral untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Sesuaikan jumlah air yang diminum jika memang alat transportasi yang Anda naiki tidak memiliki toilet. Hindari minuman soda atau minuman yang terlalu dingin.

Makan Sesuai Jadwal

Masuk angin? Hal tersebut berarti gejala pencernaan hingga lambung yang terganggu. Cara menghindarinya adalah makan teratur sesuai jadwal, mulai dari sarapan, makan siang hingga makan malam. Di sela-sela jam makan besar, makanlah camilan ringan bergizi.

Jaga Kebersihan

Selalu bawa tisu pembersih basah dan kering hingga cairan anti-bakteri untuk menjaga kebersihan. Saat dalam perjalanan jauh kondisi daya tubuh melemah dan jangan memperparah kesehatan dengan menyentuh makanan dan minuman dengan tangan kotor.

Makan Secukupnya

Hadits mengatakan makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Dengan makan secukupnya dan tidak memaksakan diri, maka pencernaan akan bekerja lebih ringan tidak bekerja keras mengolah makanan yang membuat kantuk berlebihan.

Vitamin

Tidak ada salahnya mengonsumsi vitamin untuk menjaga vitalitas tubuh. Bisa mengonsumsi vitamin C atau multivitamin yang sudah lengkap. konsumsilah dengan teratur dengan air mineral, bukan minuman manis atau yang sudah dicampur.