Rumah Aman Saat Mudik

Menjelang hari raya Idul Fitri, masyarakat Indonesia kebanyakan akan menjalankan tradisi pulang kampung atau mudik.

Setelah setahun penuh bekerja menjemput rezeki di Jakarta atau kota besar lainnya, para perantau akan kembali ke kampung halaman untuk waktu yang cukup lama. Hal ini berarti keadaan rumah kosong dan menjadi kekhawatiran sendiri untuk ditinggal. Ada berbagai tips yang bisa dilakukan agar mudik tetap tenang.

Mengunci
Kuncilah semua pintu dan jendela sebelum meninggalkan rumah. Pastikan dua kali agar tidak ada yang terlewatkan. Jika sudah, jangan pernah meninggalkan kunci di dalam pot atau di bawah keset, hal ini untuk menghindari kemungkinan maling yang menemukannya.

Api, Air & Listrik
Amankan elemen energi dari malfungsi, mulai dari alat elektronik yang bisa korslet, area masak yang bisa memercikkan api atau gas yang belum dicabut dari regulator hingga aliran air. Pastikan semua sudah diamankan.

Barang Berharga
Sertifikat-sertifikat berharga, perhiasan, hingga mata uang sebaiknya dititipkan di bank untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, mulai dari maling ataupun musibah seperti kebakaran atau banjir.

Hewan Peliharaan
Bagi pemilik hewan peliharaan, segera titipkan ke tempat penitipan hewan yang terpercaya. Jika menitipkan ke tetangga pastikan dia memang penyayang binatang dan ikhlas membantu.

Titip Tetangga
Saat mudik, pasti ada tetangga yang tidak mudik dan memilih di rumah saja. Jika memang hubungan antar warga sudah akrab, titipkanlah untuk melihat-lihat kondisi rumah setiap harinya. Sehingga jika terjadi apa-apa Anda bisa mudah dihubungi.

Petugas Keamanan
Bila perumahan Anda dilengkapi dengan pos keamanan, informasikanlah jika Anda mudik kepadanya sekaligus menitipkan untuk diawasi keadaan rumah. Jika diperlukan, titipkan juga nomor yang bisa dihubungi dalam keadaan darurat.