Wisata Religi Islam di Dunia

Wisata bernuansa religi akan selalu memberikan kesan tersendiri, entah itu perasaan takjub atau perasaan lebih dekat dengan Sang Pencipta. Referensi wisata edisi Ramadan kali ini akan memperkenalkan berbagai tempat yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya.

Cologne Central Mosque – Jerman

Di Eropa, Jerman mungkin bisa dibilang merupakan salah satu negara dengan penduduk muslim terbanyak. Tidak heran jika negara yang termasuk ke dalam rumpun Eropa ini memiliki cukup banyak masjid yang digunakan sebagai tempat ibadah umat muslim di sana. Uniknya, masjid-masjid yang dibangun pun memiliki arsitektur ala Eropa yang mendatangkan decak kagum para turis. Salah satunya yaitu Cologne Central Mosque. Masjid terbesar di Jerman ini memiliki desain bangunan unik karya Paul Bohm dengan dinding masjid yang didominasi oleh kaca transparan di antara dua menara dan kubah yang elegan.

Istana Alhambra – Spanyol

Tempat ini merupakan simbol puncak kemenangan islam di Spanyol dengan berkuasanya kerajaan Bani Ahmar dari Afrika Utara pada saat itu (1232-1492 M). Hingga saat ini, istana yang dibangun dengan megah dan cantik itu masih berdiri kokoh dan menjadi saksi bisu sekaligus bukti sejarah islam. Meskipun sempat dihancurkan pada masa berakhirnya kejayaan islam di Spanyol, istana yang mengalami beberapa perbaikan ini tetap memperlihatkan budaya islam yang sangat kental. Kini, tempat ini menjadi salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh turis.

Istana Topkapi – Turki

Dari nama ibu kota tempat istana ini berlokasi saja Anda sudah akan bisa merasakan nuansa islaminya. Istanbul berarti “Kota Islam”. Sejarah telah membuat kota yang dulunya disebut Konstantinopel ini kental dengan budaya islamnya. Berwisata ke Istanbul adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mempelajari budaya islam, terutama dengan adanya pedang Nabi Muhammad SAW dan banyak peninggalan nabi lainnya yang menjadi koleksi tak ternilai di istana Topkapi yang kini beralih fungsi menjadi museum.

Masih banyak tempat-tempat wisata bernuansa religi lainnya di dunia yang bisa Anda kunjungi. Simak pembahasan lebih lanjutnya di E-Magz edisi Ramadan (bulan Mei) kami yang bisa Anda akses di link ini.