Srimenanti, Novel Perdana Joko Pinurbo

Penyair Joko Pinurbo untuk pertama kalinya menerbitkan karya dalam bentuk novel. Peluncuran buku berjudul Srimenanti di Kinokuniya Bookstore, Plaza Senayan pada tanggal 26 April itu pun berlangsung syahdu dengan sesi pembacaan puisi. Joko Pinurbo juga berbagi banyak hal di balik kisah fiksi di novel yang sebagian karakternya menggunakan nama tokoh-tokoh nyata ini.

Bisa ditemui di bukunya nama-nama seperti Sapardi Djoko Damono, Aan Mansyur, Beni Satryo, Faisal Oddang, dan masih banyak lagi. Meskipun demikian, dalam konferensi pers, Joko Pinurbo kembali menegaskan bahwa “buku cerita ini merupakan karya fiksi meskipun di dalamnya terdapat nama-nama yang dapat dijumpai di dunia nyata”.

Joko Pinurbo juga mengungkapkan bahwa novelnya ini terinspirasi dari puisinya Sapardi Djoko Damono yang berjudul “Pada Suatu Pagi Hari”. Ketika ditanya mengenai alasannya menulis novel, Joko Pinurbo mengatakan bahwa dirinya membutuhkan “media” penyampaian maksud yang lebih luas dan bebas dibandingkan puisi yang lebih terbatas.

Di bawah naungan Gramedia Pustaka Utama, novel dengan 138 halaman ini dicetak pertama kali pada bulan April, 2019. Sampul biru dengan gambar artistik yang sesuai dengan makna bukunya dan kalimat-kalimat puitis di dalamnya pun sudah bisa Anda dapatkan di toko-toko buku terdekat.