3 Alasan Kehilangan Motivasi Bekerja dan Cara Mengatasinya

Ada hari-hari saat bekerja terasa membosankan dan kehilangan motivasi. Hal terburuk adalah menjadi ingin segera mengundurkan diri dan mencari tantangan baru. Sebelum gegabah mengajukan surat pengunduran diri, ada baiknya Anda menganalisa terlebih dahulu tiga penyebab utamanya yang mungkin bisa Anda atasi.

Lelah Secara Emosional
Berangkat ke kantor dan mengerjakan pekerjaan seperti zombie lalu pikiran seperti ada di tempat lain merupakan indikasi kelelahan secara emosional. Anda berusaha bertahan demi gaji namun hati dan pikiran tak lagi ada di kantor. Cobalah untuk lebih banyak meluangkan waktu berbincang dengan para kolega di jam rehat. Bagi para atasan, bisa melakukan aktivitas bersama bawahan yang memperkuat pertemanan kantor, bisa membahas hal-hal yang membuat kebosanan hilang atau ide-ide baru untuk kreativitas dalam bekerja. Meninjau kembali daftar pekerjaan yang selama ini dilakukan dan mencoba untuk melakukan terobosan maupun lebih banyak inovasi juga bisa jadi opsi.

Kehilangan Kemauan
Ada momen saat Anda sering dikecewakan kolega, atasan maupun perusahaan dan akhirnya kemauan bekerja dengan baik jadi berkurang. Hal ini kerap terjadi dan mengatasinya bisa dengan fokus pada kebiasaan-kebiasaan positif kecil yang membawa perubahan terhadap performa diri sendiri di mata perusahaan. Ibaratnya jika Anda ditugaskan mengerjakan 10 tugas, mulailah dengan hal-hal yang paling Anda sukai meskipun hanya satu. Dari situ kemauan untuk terus berkarya akan datang. Hilangkan pandangan negatif ke orang lain dan fokuslah untuk memperbaiki diri sendiri.

Ingin tahu penyebab utama yang ketiganya? Baca di majalah Network! halaman 12 yang bisa Anda akses di sini.