Tempat-Tempat Konser Paling Menarik di Dunia

Datang ke pertunjukan musik selalu menjadi kepuasan tersendiri bagi para penggemar musik di dunia jika dibandingkan dengan hanya mendengarkannya dari alat pemutar musik saja, terlebih saat tempat konsernya begitu unik dan memberikan sensasi tertentu–seperti tempat-tempat konser yang akan dibahas di sini.

Dalhalla Rattvik
Dalecarlia, Swedia

Bisakah Anda membayangkan sebuah tempat bekas tambang disulap menjadi tempat konser yang keren dan menakjubkan? Hal ini terjadi di Swedia, pada sebuah bekas pertambangan batu kapur yang dikelilingi oleh pemandangan yang luar biasa. Konon katanya, “lubang” yang terbentuk di Dalhalla merupakan dampak dari jatuhnya batu meteor yang terjadi sekitar 360 juta tahun lalu. Lubang tersebut pun dimanfaatkan untuk pertambangan batu kapur yang ternyata dikandungnya, sebelum akhirnya dimanfaatkan menjadi tempat konser yang bisa menampung sekitar 4,000 orang. Setiap musim panas, tepatnya pada bulan Juni sampai awal September, ada sekitar 20 sampai 25 konser musik hingga pertunjukan teater yang digelar. Bukan hanya itu, di tengah-tengah “lubang” konser juga ada danau kecil yang menambah keeksotisan suasana. Jika dilihat dari atas, tempat konser yang dikelilingi pohon-pohon tinggi ini sungguh menyajikan pemandangan yang menakjubkan. Anda yang tidak terlalu menyukai konser atau pertunjukan pun dijamin akan ikut terbawa suasana. Musisi atau band yang pernah tampil di sini di antaranya seperti Deep Purple dan A-Ha.

Cumberland Caverns
McMinnville, Tennessee

Jika Dalhalla menjadi fenomena alam yang dimanfaatkan sebagai tempat konser di luar ruangan, Cumberland Caverns terletak di dalam gua yang terbentuk secara alami. Kekokohan gua yang disebut-sebut menjadi gua terpanjang ke dua di Tennessee, Amerika Serikat, bahkan salah satu gua terpanjang di dunia ini juga kerap dimanfaatkan sebagai tempat konser. Anda yang penasaran dengan bagian dalam salah satu gua terbesar di dunia dan menginginkan pengalaman datang ke konser atau pertunjukan yang menantang tentu bisa datang ke sini. Pertunjukan musik dari Bluegrass Underground adalah salah satu contoh keseruan konser musik yang pernah digelar di gua ini.

Jones Beach Theater,
New York, Amerika Serikat

Tempat konser yang satu ini cocok didatangi untuk Anda yang menyukai laut. Pemandangan laut dan langit yang biru akan menjadi latar belakang pertunjukan musik di sini dan membuat pertunjukannya seolah-olah merupakan bagian dari alam sendiri. Jones Beach Theater menyediakan sekitar 15.000 bangku yang seluruhnya menghadap panggung. Tempat ini cukup populer dan rutin dijadikan tempat konser berbagai band musik. Lokasinya yang strategis di kota besar New York juga menjadi nilai tambah bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman wisata di salah satu kota tersibuk di dunia ini. Pada musim panas tahun lalu, tempat konser ini dimeriahkan oleh beberapa musisi ternama seperti Backstreet Boys, Meghan Trainor, Liam Payne, Shawn Mendes, hingga 5 Seconds of Summer.

Teatro Antico
Taormina, Italia

Reruntuhan bangunan akan selalu menghadirkan suasana klasik yang anggun. Seperti itulah suasana yang dihadirkan oleh salah satu tempat konser yang unik di belahan benua Eropa ini. Pada mulanya, di tempat ini memang terdapat sebuah gedung pertunjukan teater yang dibangun jauh pada masa silam. Setelah bangunan ini runtuh, fungsinya sebagai tempat pertunjukan pun masih berlangsung sampai sekarang. Siapa yang menyangka jika sisa-sisa reruntuhan gedung pertunjukan ini justru yang membuatnya semakin menarik? Menyaksikan konser di sini paling bagus pada siang hari yang cerah, tapi tidak kalah berkesan juga jika Anda menyaksikan konser pada sore hari menjelang malam dan mencuri-curi kesempatan untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Sting, musisi asal Inggris, adalah satu dari sekian contoh musisi yang pernah menyuarakan seninya dengan konser musik di tempat ini.

Selain keempat daftar di atas, masih banyak lagi tempat-tempat konser unik yang bisa Anda baca di ulasan travel majalah Network! edisi musik di bulan Maret ini. Dapatkan majalahnya dengan mengaksesnya di sini.