Lima Langkah Mendongkrak Karier yang Stagnan

Jika Anda mencari peluang di perusahaan lain untuk berkembang hingga naik jabatan, mungkin lima langkah ini bisa membantu introspeksi diri akan tantangan dan hambatan yang ada.

Mengubah CV
Mungkin Anda mengirimkan CV yang sama ke puluhan bahkan ratusan perusahaan namun tidak ada yang menanggapi? Coba perhatikan mungkin ada yang salah di CV atau bahkan surat lamaran Anda. Entah itu format maupun informasi yang dicantumkan. Seringkali pelamar hanya mengirimkan lampiran CV tanpa menjelaskan dirinya secara personal di bagian surat lamaran. Atau sebaliknya CV terlalu panjang dan bertele-tele. Dalam CV yang baik, tonjolkan hanya beberapa kekuatan yang paling signifikan dan bukan menceritakan kisah hidup. Perusahaan yang Anda lamar hanya perlu garis besar dan kesamaan dari posisi yang dibuka dengan calon pelamar. Selain pengalaman, perusahaan juga ingin melihat kontribusi apa saja yang diberikan oleh Anda kepada perusahaan sebelumnya sebagai pertimbangan.

Wawancara Kerja
Janji wawancara kerja sudah di depan mata dan dilakukan dengan baik, namun tak kunjung diterima? Bisa jadi ada yang salah saat wawancara kerja, salah satunya Anda terlihat luar biasa di CV namun tidak saat diwawancara, Anda memberi kesan tidak menguasai bidang yang digeluti. Satu hal yang pasti wawancara juga membutuhkan riset, mulai dari profil perusahaan yang dilamar, apa saja kesamaan maupun performa yang bisa Anda kontribusikan kepada perusahaan tersebut dari pengalaman Anda hingga investasi diri apa saja yang telah Anda lakukan agar pantas diterima di posisi yang dilamar.

Inisiatif
Sebuah cerita klasik di mana orang yang lama bekerja tidak kunjung dipromosikan lantaran secara keseluruhan dia tidak memiliki inisiatif dan hanya melakukan sebatas apa yang menjadi tanggung jawabnya. Jika perusahaan memberikan tantangan dengan memberikan pekerjaan yang lebih, alih-alih mengerjakan, dia mengeluh atau menolak. Pekerja dengan inisiatif akan mencuri perhatian atasan maupun perusahaan dengan cara yang benar, bukan dengan ‘menjilat’ seperti seorang hipokrit yang senantiasa ‘menempel’ ke atasan tanpa adanya hasil yang konkret.

Posisi Linear
Ada kalanya seseorang bekerja di posisi yang rentang kariernya linear tanpa adanya kemungkinan berkembang lebih jauh. Ada beberapa kemungkinan, misalnya posisi itu memang demikian hierarkinya namun juga Anda tidak berusaha mengembangkan diri dengan mempelajari hal lain di luar zona nyaman. Posisi seseorang yang tinggi juga bersanding dengan tanggung jawab yang besar. Jika pengetahuannya masih itu-itu saja, bisa dipastikan perusahaan ragu untuk memberikan tanggung jawab yang lebih pada Anda.

Lebarkan Sayap
Jika segala hal sudah dicoba dan masih menemukan jalan buntu, tak ada jalan lain selain melebarkan sayap di industri Anda. Perbanyak kenalan, kolega hingga prospek di luar perusahaan. Informasi posisi yang menjanjikan dengan jumlah gaji yang lebih tinggi mungkin bisa Anda cari di situs lowongan kerja, namun sering juga beberapa posisi bagus hanya diteruskan secara mulut ke mulut dan terbatas. Jangan pernah merasa nyaman dengan posisi atau pertemanan kerja yang ada sekarang. Terus lebarkan sayap dan rasakan efek domino dari benih memperbanyak relasi yang Anda tabur.