Langkah Pintar Finansial 2019

Menyambut 2019, ada beberapa hal simpel dalam melakukan penghematan lebih baik lagi ataupun mencari alokasi baru untuk mengembangkan pundi-pundi penghasilan.

Meninjau Kembali Pengeluaran
Jika Anda tidak mencatat pengeluaran secara detail, maka kemungkinan besar perngeluaran dalam jumlah besar tidak akan terasa. Cobalah meninjau pengeluaran secara berkala; secara mingguan, bulanan atau per tiga bulan. Konsultan Keuangan, Jeff Proctor mengatakan bahwa dari daftar pengeluaran tersebut, akan terlihat pengeluaran terbesar ada di mana dan bagian mana saja yang tidak perlu dan bisa ditinjau kembali. Setelah pengetatan dibuat, konsistensilah dengan apa yang sudah direncanakan dan jangan mudah tergoda untuk melanggarnya demi hiburan semata. Tinjau kembali secara berkala bagian mana yang sulit untuk dihemat dan apa pengeluaran yang tak terelakkan terjadi.

Alokasi Tabungan
Di era konten digital yang membuat orang lebih memilih untuk menciptakan momen, sebagian besar tabungan kerap terpakai untuk keperluan tak terduga dan merusak perencanaan keuangan yang telah dibuat, khususnya liburan atau hadiah-hadiah. Luis Rosa, perencana keuangan mengatakan setelah menyisihkan tabungan wajib, alokasikan juga sejumlah besar yang kerap terpakai dari pengeluaran yang terjadi setahun sebelumnya. Dengan demikian, penghasilan langsung terbagi pada posnya masing-masing karena sudah ditentukan jumlahnya.

Bunga Lebih Tinggi
Setiap tabungan atau investasi menawarkan jumlah bunga yang berbeda-beda. Tabungan biasa, deposito, hingga Reksadana misalnya. Pahami seperti apa investasi yang Anda miliki, mulai dari yang pasif hingga aktif. Konsultasikan pada pihak bank macam-macam produk yang mereka miliki dan cek ulang dengan bank lain yang memiliki penawaran serupa. Persentase bunga yang didapatkan pun berbeda-beda. Ketimbang menjadi tabungan pasif, persentase bunga yang tinggi bisa dipakai kembali untuk pengeluaran.

Kartu Kredit & Belanja Online
Sama-sama digunakan untuk pembayaran, kartu kredit dan kartu debit terasa sama. Namun dengan kartu kredit, Anda akan mendapatkan laporan detail dan beberapa pembayaran bisa dilakukan otomatis setiap bulannya. Belum lagi promo-promo menarik yang bisa dipakai untuk berhemat. Semua dikembalikan lagi kepada penggunanya, apakah akan menjadi pemborosan atau belanja pintar. Menunjang peranan kartu kredit, belanja online pun semakin marak dengan segala promo yang membuat orang lebih hemat dalam hal ongkos kirim dan tidak perlu menghabiskan waktu karena macet, mencari parkir dan antrean di toko.

Penghasilan Tambahan dari Online
Terdengar klise, namun adanya penghasilan tambahan akan meringankan pengeluaran. Jika Anda mengandalkan gaji, apakah bisa menambahnya dengan bisnis paruh waktu? Maraknya dunia digital membuat gerakan menjadi pengusaha di internet semakin mudah, mulai dari menjual barang yang sudah tak terpakai, atau menciptakan produk baru yang sistem pemasarannya bisa menjangkau target yang tepat dengan algoritma media sosial. Dengan kualitas dan pelayanan yang baik, menambah penghasilan dengan usaha di internet ini semakin digemari. Jika usaha sudah berkembang dan memiliki konsumen tetap, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk menjadikannya sebagai fokus utama.