Tren Kesehatan 2019

Dalam upaya menjaga kesehatan, manusia kerap dihadapkan dengan berbagi tren dan inovasi agar tidak bosan menjalaninya. Sebelumnya kita pernah mendengar Diet Keto, Detoks Gula, Diet Mediterania, minuman kunyit kekinian (Turmeric), Flexitarian Diet, hingga Elite Endurance. Seperti apa tren kesehatan yang akan Anda jumpai di tahun 2019?

  1. Reiki
    Meskipun pertama kali diperkenalkan pada tahun 1922 oleh seorang biksu asal Jepang, Reiki mulai populer dan menjadi tren pada tahun ini. Reiki adalah teknik perawatan kesehatan yang dipercaya dapat menyembuhkan secara fisik, emosi, serta mental. Konsepnya adalah mentransfer dan menerima energi-energi positif dan bagaimana mengolahnya untuk menghasilkan tubuh dan mental yang lebih sehat lewat tenaga dalam. Dipercaya jika tenaga dalam yang mengalir dalam tubuh baik atau kuat, seseorang akan menjadi lebih sehat dan bahagia, sebaliknya jika tenaga dalam tubuhnya sedang lemah. Teknik Reiki bahkan kini tidak hanya mencakup kesehatan saja, tapi juga kecantikan yaitu Reiki Facial Treatment yang menggunakan gemstone untuk membuat kulit wajah lebih sehat dan berkilau.
  2. Latihan Interval Intensitas Tinggi
    High-intensity Interval Training (HIIT) adalah program latihan yang memakan waktu sekitar 30 – 45 menit dan bisa membakar setidaknya 500 kalori dalam sekali latihan. Sangat baik bagi yang ingin membentuk badan atau mengurangi berat badan. Program ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara senam, tapi kuncinya adalah cara senam yang benar dan intensitas atau konsistensi selama latihan berlangsung. Ada juga istirahat dalam waktu-waktu tertentu yang teratur dan menjadi bagian selama Anda menjalani program latihan. Melakukannya sendiri di rumah dengan melihat tutorial di internet adalah opsi yang bisa Anda pilih.
  3. Wearable Tech
    Seiring perkembangan teknologi dan informasi yang semakin maju, aktivitas olahraga ditunjang dengan alat-alat yang dapat mengukur secara presisi berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga berapa banyak kalori yang terbakar. Alat-alat seperti smartwatch dan fitness trackers sudah marak digunakan dan tidak pernah gagal untuk membuat orang lebih giat lagi dalam mencapai target kesehatan yang ingin dicapai dan tentunya dengan sentuhan gaya yang futuristik.
  4. Fitness Orang Tua
    Dunia olahraga semakin merangkul berbagai umur, mulai dari anak-anak, remaja dewasa, hingga para lanjut usia yang antusias menjaga kesehatan. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya orang tua yang suka dan merasa perlu untuk berolahraga. Gerakan ini dimulai dengan program lari untuk orang tua hingga aktivitas senam dan latihan beban yang intensitasnya disesuaikan untuk orang tua.
  5. Bodyweight Training
    Bila Anda merasa perlu berhemat dari iuran pusat kebugaran yang tinggi setiap bulannya, maka mulailah beralih ke program latihan yang memanfaatkan beban tubuh sendiri sebagai tantangannya. Push-up, sit-up hingga pull-up adalah gerakan dasar yang sudah dikenal sejak dulu, namun kini jenis gerakannya terus berkembang dengan tingkat kesulitan berbeda. Untuk olahraga ini, ada baiknya ditemani ahlinya untuk menghindara cedera.