Film Keluarga Sepanjang Masa Untuk Menemani Liburan Akhir Tahun di Rumah

Akhir tahun selalu identik dengan liburan, dan liburan selalu identik dengan menghabiskan waktu bersama keluarga. Liburan yang menyenangkan bersama keluarga bukan berarti harus pergi berlibur ke tempat wisata, menikmati waktu di rumah sambil menonton film-film keluarga pilihan juga tidak kalah menyenangkannya.

Sudah menjadi langganan bagi layar kaca untuk menampilkan film-film bertema keluarga atau liburan di akhir tahun. Tidak jarang film-film ini menghadirkan nostalgia yang akrab di hati dan ingatan masa kecil kita sehingga tidak membosankan untuk ditonton meskipun rasanya sudah ratusan kali diputar di televisi, terutama setiap masa liburan. Apa saja kah film-film tersebut?

The Polar Express

Natal selalu identik dengan Santa Claus dan hadiahnya. Lalu bagaimana jika seorang anak tidak mempercayai Santa Claus dan keajaiban Natal lainnya? Film ini menceritakan anak laki-laki yang berpikir skeptis mengenai Santa Claus, ketika anak-anak lain seumurannya justru menanti-nanti Santa datang dengan hadiahnya. Hingga suatu ketika, anak laki-laki ini dijemput oleh sebuah kereta bernama The Polar Express yang membawanya ke Kutub Utara dan mempertemukannya dengan Santa. Film animasi ini tentunya merupakan salah satu film menarik yang bisa Anda sekeluarga tonton di liburan akhir tahun, apalagi beberapa stasiun televisi memang kerap mengulang penayangannya setiap masa liburan.

Harry Potter

harry potter

Mungkin sebagian besar dari Anda tidak menyadari jika film ini sudah berada di industri perfilman sejak 17 tahun yang lalu. Pertama kali dirilis tahun 2001, film yang diangkat dari novel fenomenal berjudul sama karya J.K Rowling ini memang tidak pernah kehilangan pamornya. Terdiri dari 8 seri film yang dirilis pada tahun yang berbeda, Harry Potter berhasil membekas di hati penonton sebagai film yang menghiasi masa kecil. Bahkan setelah seri terakhir Harry Potter yang ditayangkan tahun 2011, para penggemar terus menuntut pembuatan sekuel atau prekuel film ini seperti Fantastic Beasts dan The Cursed Child. Tidak heran jika televisi pun gemar sekali memutar ulang hampir semua seri film Harry Potter untuk menemani di masa liburan.

Home Alone

home alone

Siapa yang tidak pernah menonton atau setidaknya mengetahui film komedi ini? Home Alone, terutama Home Alone 1 sering sekali tayang di stasiun televisi sejak pertama kali muncul tahun 1991. Tentunya Anda sudah akrab dengan film yang menceritakan sosok anak kecil menggemaskan yang berpetualang ketika terpisah dengan keluarganya. Kevin McCallister yang diperankan oleh Macaulay Culkin dengan cerdik menggagalkan rencana para pencuri yang bertandang ke rumahnya ketika dia tertinggal sendiri di rumah. Petualangan Kevin dipenuhi oleh berbagai tingkah yang lucu dan menggemaskan sehingga film ini sangat layak ditonton bersama keluarga. Aksinya melawan para pencuri pun tidak hanya berlangsung sekali saja, tapi berlangsung lagi di film Home Alone selanjutnya dan selanjutnya. Ya, film ini memang dibuat sekuelnya sampai seri ke 5, dengan garis besar cerita yang kurang lebih sama (aksi Kevin melawan para pencuri) tapi tidak pernah membosankan untuk ditonton dengan ditambahkannya “bumbu-bumbu” baru di setiap film.

Baby’s Day Out

baby's day out

Petualangan seorang bayi berumur dua tahun ini juga merupakan salah satu film keluarga yang tidak terlupakan. Pasalnya, film ini menceritakan petualangan seorang bayi yang baru bisa merangkak di tengah kota! Baby Bink Cotwell yang baru berumur dua tahun harus terpisah dari sang ibu karena tiga orang penjahat yang menculiknya. Film ini pun menjadi film komedi lantaran tiga penjahat yang menculik si bayi mudah sekali dibodohi dan selalu gagal dalam menangkap Baby Bink Cotwell yang kabur. Baby’s Day Out masih cukup sering menghiasi layar televisi meski lebih dari dua puluh tahun sudah berlalu sejak pertama kali dirilis pada tahun 1994.

Simak pembahasan mengenai film-film liburan lawas lainnya di majalah Network! edisi Desember yang bisa Anda akses di sini.