Perjalanan Febrian Menjadi Seorang Travel Blogger

Sebuah kepuasan tersendiri jika seseorang mampu memiliki pekerjaan yang disenangi dan mendapatkan penghasilan. Begitulah yang dirasakan lelaki yang merasa beruntung telah menemukan hasrat dan jalan hidupnya sebagai travel blogger, Febrian.

Saat ini profesi Key Opinion Leaders (KOL) atau influencer begitu banyak digeluti dan lelaki yang sempat berkarir sebagai penyanyi pernikahan ini pun membutuhkan jalan yang tak mudah untuk mencapai titik seperti sekarang ini.

Ia sempat mengikuti ajang pencarian bakat, memenangkan penghargaan sebagai penyanyi solo terbaik hingga mengeluarkan album sendiri di tahun 2010. Namun keputusannya meninggalkan profesi di dunia tarik suara dan terjun sepenuhnya menekuni passion sebagai travel blogger dijalani berkat saran seorang teman. “Kalau mau berhasil dalam suatu hal harus 100% menjalani, jangan setengah-setengah,” ujarnya.

Dulu, saat menjadi penyanyi ia sudah menyenangi aktivitas bepergian namun sifatnya rekreasional, bukan profesional. Menjadi seorang travel blogger harus pandai membagi waktu untuk membuat konten di berbagai media, seperti menulis di blog ceritafebrian.com, mengisi foto di akun Instagram @_febrian, bercuap di Twitter hingga membuat video. Semua ia lakukan sendiri tanpa bantuan asisten. Iapun memiliki pekerjaan tetap menjadi host untuk program dokumenter Jurnal Indonesia Kaya yang setiap bulannya membawa dirinya mengunjungi tiga hingga empat lokasi.

Sebelum semua berjalan lancar, ia harus melewati masa-masa sulit terlebih dahulu, misalnya mengeluarkan modal sendiri untuk membuat konten. “Penghasilan saya disisihkan 70% untuk tabungan yang kemudian dipakai untuk travelling, 20% untuk biaya hidup sehari-hari dan 10% untuk spiritual dan amal.” Ia mengaku saat bertekad pindah profesi dari penyanyi menjadi travel blogger, ia harus nomaden menetap di berbagai daerah seperti Yogyakarta, Malang hingga Kalimantan dan semua menggunakan tabungan yang sudah disiapkan.

 

Baca lanjutan kisah seorang travel blogger ini dan profil orang-orang yang menginspirasi lainnya dalam majalah Network! yang bisa diakses di:

https://mncvision.id/network-magazine